Breaking News
Loading...
Sunday 7 June 2015

Beberapa Jenis Sistem Operasi

6/07/2015 10:15:00 am
Beberapa Jenis Sistem Operasi | JerKomp. Pada postingan yang lalu, JerKomp membahas pengertian sistem operasi, pada kesempatan ini akan membahas macam-macam OS ( Sistem Operasi ) . Pada dasarnya, Sistem Operasi bisa anda dapatkan dengan cara mengunduh lewat situs yang disediakan atau bisa juga dengan membeli CDnya.
Sistem operasi ada yang open source dan freeware. untuk penjelasan dari open source, freeware dan shareware silahkan anda mencari di mbah atau nunggu pada postingan selanjutnya.
Macam-macam Sistem Operasi
Beberapa Jenis Sistem Operasi

 

Beberapa Jenis Sistem Operasi ( Operating System )


DOS

Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. DOS masih ada pada Windows, Anda bisa mencobanya lewat Start  Windows -> Run, lalu ketik cmd. Contoh lain dari Sistem Operasi DOS adalah Mikrotik.

MicrosoftWindows

Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang Sering digunakan : Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista,  Windows 7, dan yang paling terbaru Windows 8 dan Updatenya Windows 8.1

UNIX

Sama halnya dengan DOS yang menjadi induk atau cikal bakal Windows, Sistem Operasi UNIX juga cikal bakal dari LINUX. Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. 

LINUX

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas, sehingga penggunanya tambah puas. Kembangan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain

AppleMachintos

System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard. Biasanya sudah includ pada hardwarenya (Saling Mengikat)

FreeBSD

Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux yang open source. dapat dikembangkan sendiri.


Novell Operating System (NOS)

NOS adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell Corporation, OS ini menyediakan akses file remote transparan dan juga melayani berbagai jaringan distribusi, termasuk sharing printer dan dukungan berbagai aplikasi seperti transfer email serta akses database.

"Dikutip dari berbagai sumber"

Dan masih banyak lagi Sistem Operasi yang lainnya, baik untuk PC, Laptop ataupun HandPhone. Kiranya cukup sekian JerKomp memberikan info.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer