Breaking News
Loading...
Monday 8 June 2015

Pengertian Hardware Software dan Brainware

6/08/2015 10:45:00 am
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware | JerKomp. Komputer tak pernah lepas dari ketiga komponen tersebut. komputer tak akan bekerja jika tak ada hardware. Kalaupun ada hardwarenya, terus tak ada softwarenya, dapat dipastikan komputer tak akan menyala. begitu juga jikalau ada software dan ada hardware tp tak ada yang menjalankan (brainware) apa daya, komputer hanya teronggok di pojokan toko.
apa sih yang dimaksud hardware? software? dan brainware?
3 Komponen Komputer
Komponen Sistem Komputer

 

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware menurut Jerkomp.


Hardware

Hardware (perangkat keras) merupakan komponen dalam komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Contoh perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

Software

Software (perangkat lunak) merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan. Software berguna sebagai penghubung antara user dengan hardware.

Software Utama yang harus ada dalam komputer adalah Sistem Operasi, baru kemudian sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi default maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan.

Brainware

Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain, orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.
Sebetulnya, BRAINWARE ini sama dengan USER. Menurut JerKomp, USER adalah orang yang menggunakan komputer, sedangkan BRAINWARE adalah orang yang membuat atau mengembangkan komputer, baik dari segi software atau hardware.

Salam Blogger dari Jerkomp. See You next time ...

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer